Laporan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2020/2021
Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran rutin dilakukan yang untuk mengukur kinerja dosen pada setiap periode. Monev yang dilakukan pada periode ini terkait dengan pengukuran kinerja dosen dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang dilakukan oleh dosen di kelas sebagai usaha untuk memenuhi capaian pembelajaran pada setiap mata kuliah. Pengukuran kinerja dosen dalam proses pendidikan dan pengajaran mencakup kegiatan perencanaan, pengendalian dalam proses pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang lakukan oleh dosen program Studi Pendidikan Matematika di kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa di kelas masing-masing dosen dan melihat hasil nilai akhir melalui DPNA untuk mengetahui memenuhi capaian pembelajaran pada setiap mata kuliah. Instrumen angket disusun meliputi keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsivencess), Kepastian (Assurance), Kepedulian (Empaty), dan Kecukupan (Tangible).
Tujuan pelaksanaan monev pelaksanaan pembelajaran ini adalah untuk mengukur ketercapaian pelaksanaan pembelajaran Program Studi Pendidikan Matematika.
Menganalisis hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak yang potensial untuk dijadikan rujukan di dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dan capaian pembelajaran Melaksanakan kegiatan yang paling prospektif sebagai tindak lanjut/follow up upaya perbaikan kinerja tahun akademik 2020/2021 serta dapat dikembangkan lebih lanjut pada tahap berikutnya.
Adapun maanfaat dari Hasil monev diharapkan dapat dijadikan sebagai:
menjadi bahan evaluasi pelaksanaan pembelajaran yang bersangkutan dan bagi Program Studi Pendidikan Matematika dalam rangka peningkatan kinerja dosen.
menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan untuk melakukan pengembangan kualitas pembelajaran.
Hasil dari monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi dua aspek, yaitu berupa penilaian terhadap kinerja dosen dalam pelaksaan pembelajaran dan nilai akhir mahasiswa.
Berdasarkan hasil pengisian angket online yang diisi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika terhadap kinerja dosen dalam pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa dapat dilihat pada Tabel berikut :
Berdasarkan hasil evaluasi dapat diketahui bahwa dosen Program Studi Pendidikan Matematika telah memiliki Keandalan (Reability), Daya Tanggap (Responsivencess), Kepastian (Assurance), Kepeduliaan (Empaty), dan Kecukupan (Tangible) yang baik.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kinerja dosen dapat dikatakan cukup baik menurut angket kepuasan mahasiswa dengan persentase rata-rata 57,56%.
Berdasarkan hasil monev pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa hal yang kami rekomendasikan yaitu:
Perlu dilakukan kegiatan pengembangan dosen untuk meningkatkan kinerja pada bidang pembelajaran.
Perlu mengikuti trend perkembangan terkait pendidikan maupun keilmuan.
Selalu melakukan evaluasi guna peningkatan kualitas.